Senin, 02 Desember 2019

jawaae punya mangan

Makanan Khas Jawa Tengah – Saat berkunjung ke suatu daerah, entah untuk urusan pekerjaan atau hanya sekadar refreshing, mencoba makanan khas yang ada di daerah tersebut adalah hal wajib yang harus dilakukan.
Ya, setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas yang begitu menggugah selera. Anda yang suka dengan wisata kuliner tentu akan sangat terhibur karenanya.
Diantara daerah yang memiliki cukup banyak pilihan makanan khas adalah Jawa Tengah. Salah satu provinsi terluas di Pulau Jawa ini menawarkan banyak sekali makanan khas yang lezat dan wajib dicoba. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang ragam makanan khas Jawa Tengah untuk Anda coba.
Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Pilihan Terbaik Makanan Khas Jawa Tengah Untuk Dicoba

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada cukup banyak makanan khas Jawa Tengah yang bisa menjadi daftar makanan favorit Anda. Dengan ragam makanan khas yang tersedia, tentu Anda akan leluasa memilih mana makanan khas yang hendak Anda santap.
Adapun beberapa makanan khas terbaik dari Jawa Tengah untuk Anda coba adalah sebagai berikut:

Lumpia Semarang

Jika Anda berada di kawasan Semarang tidak lengkap rasanya jika melewatkan waktu untuk mencoba lumpia khas Semarang. Lumpia adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang sudah sangat terkenal. Asal makanan ini memang dari Semarang meskipun kini sudah banyak menyebar di daerah lainnya.
Camilan khas ini dibuat dengan menggunakan tepung terigu yang dibentuk menjadi kulit. Setelah itu, kulit tersebut akan membungkus beberapa pilihan isi lumpia, seperti sayuran, udang, telur dan ayam. Menikmati lumpia yang hangat lengkap dengan cabai rawit yang pedas pasti akan sangat menggugah selera!

Tahu Petis

tahu petis
www.bukalapak.com
Tahu petis adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang juga cukup terkenal dan populer di berbagai kalangan masyarakat. Seperti namanya, makanan khas ini adalah paduan dari tahu dan petis. Biasanya, makanan ini dijadikan camilan nikmat untuk rapat atau sekadar menikmati waktu luang. Nah, panganan ini dibuat dengan bahan dasar tahu pong. Setelah itu, tahu digoreng hingga cukup kering.


Kemudian, dalam penyajiannya, tahu akan disiram dengan saus petis yang berwarna hitam. Selain disiram, beberapa penjual makanan khas Jawa Tengah ini menggunakan petis sebagai isian tahu. Sangat menarik, bukan?

Telur Asin

telur asin
www.fimela.com
Anda tentu sudah sangat familiar dengan makanan yang satu ini, bukan? Ya, telur asin memang cukup mudah ditemukan di berbagai daerah, bahkan di luar Jawa Tengah sekalipun. Makanan ini umumnya dibuat dengan bahan dasar telur bebek yang sudah mengalami proses direndam larutan garam hingga rasanya berubah menjadi asin.
Namun, tahukah Anda jika sebenarnya telur asin adalah makanan khas Jawa Tengah? Nah, telur asin awalnya berasal dari daerah Brebes, Jawa Tengah. Daerah ini menjadi sentra penghasil telur asin terbesar di Jawa Tengah. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Brebes tanpa membeli telur asin khas daerah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar